Anne Hidalgo Ingin Cincin Olimpiade Tetap di Menara Eiffel

Bagikan

Anne Hidalgo, walikota Paris, mengatakan jika dia ingin cincin Olimpiade tetap berada di Menara Eiffel. Cincin tersebut dipasang dalam rangka Olimpiade dan Paralimpiade di Paris dan rencananya akan dicopot setelah Paralimpiade selesai dalam waktu satu pekan ke depan.

Anne Hidalgo Ingin Cincin Olimpiade Tetap di Menara Eiffel
Cincin Olimpiade yang dipasang di Menara Eiffel.

 

Ingin Spirit Olimpiade Bertahan

Hidalgo mengatakan jika dia ingin cincin Olimpiade yang sudah terpasang di Menara Eiffel untuk tidak dicopot. “Sebagai walikota Paris, keputusan ada di tangan saya. Saya ingin spirit selebrasi ini tinggal di Paris. Saya senang dengan fakta bahwa orang-orang Prancis akhirnya jatuh cinta kembali dengan Paris, padahal selama 10 tahun terakhir mereka selalu bilang Olimpiade akan jadi neraka buat kami,” ujar Hidalgo.

Anne Hidalgo Ingin Cincin Olimpiade Tetap di Menara Eiffel
Anne Hidalgo, walikota Paris saat ini.

 

Cincin tersebut berukuran 29 kali 13 meter dan mempunyai berat sebesar 30 ton, membuatnya sebenarnya terlalu berat untuk tetap digantung di Menara Eiffel dalam waktu yang lama. Namun dia mengatakan jika cincin tersebut akan digantikan dengan replika yang lebih ringan. Rencananya hal tersebut akan dilakukan setelah Paralimpiade selesai. Hidalgo sendiri bahkan mengatakan dia sudah mendapat dukungan IOC (International Olympic Committee, Komite Olimpiade Internasional) mengenai rencana ini.

Mendapat Penolakan

Tidak semua orang setuju dengan rencana tersebut. Olivier Berthelot-Eiffel, piut dari Gustave Eiffel, mengatakan jika rencana tersebut membuat Menara Eiffel seperti papan iklan. “Menara Eiffel tidak diciptakan untuk hal itu. Anne Hidalgo seharusnya bertanya dahulu kepada masyarakat Paris sebelum dia mengambil keputusan tersebut. Menara Eiffel itu simbol Paris dan Prancis secara keseluruhan.”

Rachida Dati, yang saat ini menjadi Penjabat Menteri Kebudayaan Prancis, dikabarkan juga tidak setuju dengan rencana tersebut. “Seharusnya ketika keputusan seperti ini dibuat, pastikan dulu semua masyarakat sudah setuju. Jangan ambil keputusan sendiri-sendiri,” tulisnya dalam akun X (dulunya Twitter) miliknya.

Kurang diketahui pasti apakah perkataan Dati itu merupakan pernyataan politik atau tidak. Ini dikarenakan Dati diproyeksikan mengikuti pemilihan walikota Paris yang akan berlangsung di tahun 2026. Tentunya, dengan berlawanan pendapat dengan Hidalgo, dia bisa memposisikan diri sebagai lawan Hidalgo nantinya.

Simak informasi olahraga terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.